Tutorial Elementor Pro Bagian 1

Pemanasan : Cara mengedit halaman dengan Elementor.

Kita akan lewati bagian perkenalan Elementor / Elementor Pro. Bagian tersebut dapat Anda cari dengan mudah melalui search Google atau Youtube.

Singkatnya, yang perlu Anda ketahui bahwa Elementor adalah plugin page builder WordPress yang digunakan untuk membangun post, blog, page, dst melalui cara visual tanpa harus bersentuhan langsung dengan pengkodean.

Cara mengedit website yang menggunakan Elementor / Elementor Pro sangatlah mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan login melalui halaman depan dengan akun username yang memiliki hak untuk melakukan editing atau pembuatan halaman di website terkait. Perhatikan gambar berikut :

Setelah Anda berhasil login, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi halaman yang ingin Anda edit tampilan atau kontennya. Untuk jenis halaman yang dibangun dengan elementor, maka akan ada indikasi /ciri di bagian atas yang berupa menu “edit with Elementor”. Lihat contoh gambar berikut :

Dalam kasus gambar di atas, Anda ingin mengedit halaman Siapa Kami?, maka klik menu Siapa Kami? lalu klik Edit with Elementor:

Tergantung kecepatan akses internet dan kerumitan suatu halaman, maka akan muncul Elementor Editor di mana Anda dapat secara langsung melakukan bermacam editing baik mengganti gambar, judul, isi, dan konten yang lain.

Ketika mouse bergerak di atas area Elementor editor, maka tiap bagian-bagian yang memisahkan halaman tersebut akan tersorot, dan apabila diklik, maka akan memicu munculnya detil editor bagian tersebut..

Elementor editor area memiliki tiga tab / bagian yang masing-masing memiliki fungsi sendiri. Tab Content untuk mengisi konten dari elemen tersebut, Tab style untuk mengatur warna, border, dan ukuran font misalnya, sedangkan tab Advance lebih ke pengaturan tampilan yang mengacu pada keseluruhan dan kesatuan dengan elemen yang lain. Setelah melakukan perubahan, jangan lupa klik tombol Update (di bagian bawah).